4 Cara Menciptakan Kerajinan Tangan Daerah Pencil Lucu Dari Botol Bekas Air Mineral

Bertemu kembali di ragam kerajinan tangan. Saat ini kita bahas cara menciptakan kerajinan tangan daerah pensil lucu dari botol bekas air mineral.

Beberapa jenis sampah ataupun limbah yang bisa dibentuk jadi kerajinan tangan mulai dari kain perca, batok kelapa, kaca, serta masih banyak lagi yang lainnya tidak terkecuali limbah sampah berupa botol bekas. Dari semua barang bekas yang ada tersebut sebetulnya masih ada barang-barang yang bisa digunakan untuk kehidupan keseharian. 

Oleh lantaran jumlahnya penimbunan sampah dari materi bekas yang jarang di gunakan, sehingga banyak pula cara yang sanggup kita gunakan untuk menjadikan sampah itu lebih berguna. 

Seperti process barang-barang lainnya, pemrosesan sampah dengan kreatif serta inovatif sanggup menjadikan sampah bekas itu mempunyai manfaat yang berkhasiat untuk pekerjaan keseharian bahkan kerjajinan tangan dari barang bekas juga mempunyai nilai komersial. 


4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral



 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas langkah-langkah pengolahah kerajinan dari botol bekas yang sanggup digunakan untuk pekerjaan / kegiatan keseharian kita. 

Dan tentunya dengan adanya kegiatan ini, akan bisa untuk mengurangi tingkat polusi dari botol bekas sendiri.


Kenapa Harus Memanfaatkan Botol Bekas untuk Kerajinan Tangan ? 

Botol bekas merupakan salah satu barang yang bisa jadi dipandang sebelah mata dikarenakan anggapan bahwa sampah merupakan pengganggu kelestarian alam, lantaran makin tahun makin banyak pula penggunaan botol untuk kepentingan penjualan produk cair. 

Mulai dari botol kaleng, botol plastik, serta tipe-tipe botol yang lainnya. Botol-botol itu sangat banyak serta menumpuk, tidak cuma kota besar saja namun hampir di semua daerah hingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. 

Penduduk yang masih saja kurang begitu memahami mengenai ancaman pencemaran lingkungan menjadi satu aspek terpenting dari minimnya pemrosesan botol bekas ini. 

Cara menciptakan kerajinan tangan dari botol bekas air mineral sangat lah beragam. Anda bisa merubah sampah plastik menjadi bentuk yang mempunyai nilai tinggi, dan yang terpenting dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan merupakan salah satu cara melindungi alam dari pencemaran lingkungan.

Manfaat Mengolah Limbah Botol Menjadi Kerajinan 

Ada begitu banyak faedah yang kita bisa dapatkan dari sampah yang satu ini. Diantaranya ialah kita ikut juga dalam pengurangan polutan pencemaran lingkungan, diluar itu dengan pemrosesan sampah botol ini kita sanggup juga mengalirkan ide kreatif kita. 

Atau bahkan kerajinan tangan dari sampah botol bekas ini pada akibatnya akan memperlihatkan nilai material yang tidak sedikit sehingga bisa menjadi bisnis utama yang menghasilkan income besar.

Diluar itu botol sendiri yang telah jadi produk kerajinan tangan entahlah itu botol kaleng, plastik, ataupun beling sangat berharga dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Sebab masih begitu jarangnya pemrosesan sampah menjadi barang yang dipandang mempunyai seni tinggi. 

Selain hal tersebut, kita sanggup juga jadikan hasil dari kerajinan botol bekas ini menjadi mata pencaharian tambahan, serta merubah hal ini menjadi akomodasi untuk meningkatkan produktivitas buat bawah umur muda.

Sangat banyak kerajinan dari botol bekas yang sanggup kita gunakan untuk kehidupan keseharian. Sumberdaya botol bekas juga selalu tetap ada serta jumlahnya bahkan banyak sekali. 

Coba saja anda pikirkan, Banyak type dari botol bekas yang dibentuk untuk penggunaan dalam keseharian. Dari type botol plastik, kaleng, kaca, serta ada banyak lagi yang lainnya. 

Barang sederhana yang seringkali kita lupakan itu pada kenyataan nya begitu berharga dan bisa mempunyai nilai seni yang tinggi serta bahkan berharga komersial yang tinggi juga. 

Berikut ini ialah contoh-contoh Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral yang unik kreatif serta simpel untuk dibuatnya tentu saja. 


Kerajinan-Kerajinan Unik Dan Keren Dari Limbah Botol 

Untuk menyulap sampah botol bekas yang berada dimana saja hanya membutuhkan bekal berupa keuletan serta kreativitas tiada batas dan ide kreatrif. 

Tidak menutup peluang kalau barang sesederhana semacam itu sanggup berubah manfaat menjadi pembantu sarana kehidupan keseharian, dan menjadi penopang utama ekonomi keluarga


1. Tempat Pensil Dengan Resleting


 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Botol plastik merupakan salah satu sampah yang sangat banyak menumpuk di rumah-rumah. Terutamanya botol bekas air mineral atau soda. bila tidak sanggup memakainya, botol-botol ini pun pada akibatnya teronggok demikian saja dalam daerah sampah. Walau tolong-menolong perlu waktu yang sangat usang untuk menguraikan materi plastik. 

Bila anda miliki banyak botol plastik yang tidak terpakai, janganlah cepat-cepat dibuang. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, anda sanggup menyulapnya menjadi benda yang lebih bermanfaat. Contohnya daerah pensil. Bagaimana triknya? Yuk intip panduan di bawah ini. 

Bahan serta alat: 

2 buah botol plastik yang persis sama 
1 buah resleting, pilih yang bergigi besar serta seukuran diameter botol 
Lem tembak 
Gunting 

Cara membuat: 
  1. Mulailah dengan menggunting sisi botol plastik sesuai cita-cita anda. Ukur berapa tinggi guntingan yang anda kehendaki. 
  2. Ukur resleting sesuai dengan sisi leher potongan botol. Bila sangat panjang, potong resleting di serpihan yang menjuntai ya, bukan pada kuncian resletingnya. 
  3. Rekatkan resleting di serpihan dalam leher botol menggunakan lem tembak. yakinkan anda menyambung sisi luar resleting ke serpihan dalam leher botol. 
  4. Selanjutnya, rekatkan serpihan resleting yang satunya di serpihan tutup botol. 
  5. Selesai. 


Tempat pensil ini unik serta bisa diberdirikan. Bila anda ingin bentuk yang berlainan, anda sanggup mengecatnya sesuai dengan cita-cita dan kreatifitas imajinasi anda. Selamat moncoba.


2. Tempat Pensil Dengan Motif Kelinci


 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Motif kelinci niscaya begitu disenangi oleh bawah umur serta orang dewasa. Cuma dengan bermodalkan botol plastik (botol air mineral) bekas saja Anda bisa menciptakan daerah pensil bermotif bunny yang begitu lucu bila diletakkan diatas meja belajar. 

Berikut ini ialah alat serta materi untuk menciptakan daerah pensil bunny dari botol bekas: 
  • Botol air mineral bekas 
  • Gunting 
  • Cat berwarna pink, hitam, putih, serta warna favorite Anda yang lain 
  • Mangkok berisi air 
  • Koran untuk tutup lantai/meja supaya tidak terjangkit cat 
  • Beberapa type kuas 


Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membentuk daerah pensil bunny dari botol bekas: 
  1. Potong sisi tutup dari botol plastik menggunakan gunting, cutter, atau pisau tajam 
  2. Lapisi semua sisi botol dengan cat berwarna putih, lantas biarkanlah hingga kering 
  3. Sesudah susunan cat putih kering, buat gambar kelinci. 
  4. Mulai dari menciptakan bundar muka dari cat warna putih, sepasang mata serta senyum dengan cat hitam, indera pendengaran dengan cat hitam, serta paling final beri warna sisi dalam indera pendengaran dengan cat berwarna pink 
  5. Jemur botol hingga kering dan akibatnya daerah pensil bunny telah siap dipakai! 


Hanya sebagai gosip saja bahwa mangkok berisi air sanggup digunakan untuk membersihkan kuas bila Anda cuma mempunyai satu kuas. 

Jadi, sebelum mencelupkan kuas ke cat berwarna lainnya, anda sanggup membersihkan kuas tersebut supaya bekas cat awal mulanya hilang. 

Tidak hanya untuk menggambar kelinci, Anda pun tentu saja bisa menggambar motif hewan atau objek yang lain yang Anda gemari. Tidak hanya menggunakan botol plastik, Anda sanggup juga menggantinya dengan botol sampo atau kaleng bekas minuman.


3. Tempat Pensil Ramah Lingkungan


 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Tempat pensil ramah lingkungan ini hampir 100% menggunakan materi bekas yang didaur ulang. Alat serta materi yang dibutuhkan pastinya ada di dalam rumah Anda. Bahan pentingnya cuma berasal dari botol plastik (Air mineral) bekas. 

Tidak hanya ramah lingkungan, ide menciptakan daerah pensil ini pula pastinya tidak akan menguras isi dompet Anda. 

Tempat pensil ini juga akan sangat sesuai kalau Anda kurang jago dalam hal menggambar sebagaimana yang kita lakukan terhadap cara pembuatan daerah pensil bunny pada point kedua dalam menciptakan kerajinan tangan berupa daerah pensil. 

Berikut alat serta materi yang dibutuhkan untuk menciptakan daerah pensil ramah lingkungan: 
  • Botol air mineral bekas 
  • Selotip bening 
  • Gunting 


Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk menciptakan kotak pensil ramah lingkungan dari botol bekas: 
  1. Membersihkan botol bekas terlebih dulu 
  2. Hilangkan cap air mineral yang ada pada botol, janganlah buang cap itu bila Anda akan memakainya untuk dekorasi daerah pensil 
  3. Potong sisi atas botol, tapi janganlah dibuang terlebih dulu lantaran sisi atas botol akan dipakai 
  4. Masukan semua alat catat, ibarat pensil, bolpen, pensil warna, dan lain-lain ke botol 
  5. Berikan selotip di pinggir botol untuk menempelkan sisi atas botol yang tadi digunting, nanti daerah pensil ini akan di buka serta ditutup dengan gampang 
  6. Ta-da! Tempat pensil ramah lingkungan siap untuk dipajang di dalam rumah ataupun kantor 


Bila Anda masih tetap menaruh cap air mineral, maka anda sanggup memakainya untuk hiasan di sisi luar daerah pensil. Namun, bila Anda tidak mau mendesain sisi luar daerah pensil dengan cap air mineral, Anda sanggup menemplekan stiker atau photo pada dibagian luar daerah pensil ramah lingkungan ini. 


4. Tempat Pensil Unik Kreatif


 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Alat serta Bahan untuk Membuat Tempat Pensil Unik Kreatif

Alat-alat serta materi yang dibutuhkan untuk menciptakan daerah pensil ibarat gambar diatas begitu simpel serta simpel didapat. Bahan-bahannya justru dari beberapa benda yang mungkin dipandang sebagai sampah yaitu botol bekas air mineral. 

Di bawah ini ialah rincian alat serta materi yang dibutuhkan untuk membuat: 
  • botol plastik sisa minuman simpel 1 buah 
  • kertas sampul warna hijau (atau kertas berwarna yang lain) ukuran 21 cm x 8 cm sekitar 1 lembar 
  • potongan bekas kertas pembungkus hadiah berwarna perak atau emas, atau warna apa saja ukuran 1 cm x 21 cm 1 helai 
  • 3 helai potongan kertas sampul warna merah ukuran 2 cm x 31 cm untuk menciptakan bunga mawar 
  • selembar kertas warna hijau muda ukuran 4 cm x 8 cm untuk membentuk daun bunga mawar 
  • setangkai ranting kering dari rerumputan 
  • lem tembak (hot glue), atau lem UHU 
  • gunting 
  • spidol merah serta hijau 
  • mistar 

Langkah-Langkah Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas Minuman yang simpel dibuat, anda akan bisa melakukannya dengan tahapan langkah berikut ini :
  1. Sediakan satu botol plastik, dari brand apa pun bisa. Bersihkan botol plastic bekas tersebut serta keringkan. 
  2. Gunting botol dengan tinggi dari dasar botol plastik kurang lebih 3/4 panjang ukuran umum pulpen atau pensil. 
  3. Ambillah potongan botol plastik serpihan bawah, serta taruh sisi atas supaya sanggup kita gunakan sebagai kerajinan tangan yang lain kelak. 
  4. Sediakan kertas-kertas yang dibutuhkan. 
  5. Balut sisi paling atas botol plastik dengan kertas sampul warna hijau (atau kertas berwarna yang lain) ukuran 21 cm x 8 cm. Kita mungkin membutuhkan mistar, spidol atau pulpen serta gunting untuk langkah ini. 
  6. Pakai lem tembak untuk merekatkannya pada botol, atau anda bisa menggunakan lem UHU atau sejenisnya. 
  7. Imbuhkan sedikit aksen pelengkap di bibir atas potongan botol plastik dengan cara menempelkan dengan melingkar kertas warna perak atau warna emas. (Sebetulnya warna apa pun niscaya bisa, pakai saja persediaan kertas sisa yang ada). 
  8. Sediakan daun bunga mawar dengan menggunting kertas warna hijau muda ukuran 4 cm x 8 cm. Buat daun yang kecil-kecil saja (lebar sekitar 1 cm serta panjang sekitar 1,5 cm). 
  9. Sediakan setangkai batang atau ranting rerumputan yang sudah kering. 
  10. Buat 3 kuntum bunga mawar dari kertas. Anda bisa melihat triknya pada panduan Cara Membuat Bunga Mawar Merah dengan Tehnik Melipat Pita. Tentu saja kita ikut bisa menggunakan mode bunga kertas yang lainnya. 
  11. Mungkin beberapa panduan langkah menciptakan bunga kertas yang bisa kita dapatkan di internet bisa menjadi pilihan yang cantik untuk kreasi kita. 
  12. Pakai spidol merah untuk menutupi sisa potongan kertas (sisa guntingan) disamping kertas yang terlihat berwarna putih. 
  13. Pakai lem tembak (hot glue) untuk menempelkan 3 kuntum bunga mawar. Tempatkan bunga-bunga ini dibagian tengah tinggi botol. Susun ibarat menciptakan sebuah segitiga. Biarlah lem mengeras serta hambar hingga bunga-bunga kertas menempel dengan baik serta kuat. 
  14. Kembali dengan menggunakan lem tembak, potong ranting kering serta susun sesuaikan deretan bunga. 
  15. Imbuhkan beberapa helaian daun yang sudah anda buat dan susun. Bila dibutuhkan, anda bisa menggambar urat-urat atau tulang daun dengan spidol warna hijau tua.
  16. Biarlah semua lem jadi kering serta ornament bunga-bunga mawar komplet dengan ranting serta daunnya tertempel akrab pada kertas pembalut botol plastik. 
  17. Nah, jadilah sudah daerah pensil dari botol plastic yang unik dan kreatif. 


Bagaimana berdasarkan anda ? Gampang ya, langkah menciptakan kerajinan tangan daerah pensil ibarat ini. Semua anak tentu bisa melaksanakan nya, ditambah lagi panduan ini diperlengkapi dengan gambar-gambar yang cukup jelas. 

Demikian langkah menciptakan kerajinan tangan untuk anak dari sisa botol plastik minuman yang simpel dibuat. Mudah-mudahan memperlihatkan ide serta berguna.


Refference :
ud-adhika.com, bacaterus.com, hamparan.net, novehasanah.blogspot.com

#CaraMembuatKerajinaTangandariBotolBekasAirMineral, #kerajinanbotolbekas

0 Response to "4 Cara Menciptakan Kerajinan Tangan Daerah Pencil Lucu Dari Botol Bekas Air Mineral"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.