40 Cara Menciptakan Diorama Sederhana


Diorama adalah sebuah miniature yang di buat menurut aslinya, biasanya sanggup berupa pemandangan ataupun sebuah adegan. Diorama biasa di buat oleh bermacam-macam kalangan mulai dari belum dewasa tingkat Sekolah Dasar hingga orang Dewasa yang berprofesi sebagai Arsitek.

Tingkat pembuatan diorama pun bermacam-macam di sesuaikan dengan kebutuhannya, biasanya untuk kiprah sekolah diorama yang di buat cukup sederhana. Diorama untuk kiprah sekolah sanggup berupa pemandangan, kebun binatang, pemandangan bawah maritim dan lain sebagainya. Biasanya ketika anak mendapat kiprah menciptakan diorama sering kali sebagai orang bau tanah ikut pusing untuk membantu membuatnya. Bagaimana cara membuatnya yuk simak tahapnya di bawah ini.

1. Pilihlah Tema Yang Akan di Buat. Diorama yaitu situasi kecil dari bentuk aslinya pada dunia kasatmata ataupun fiksi. Periksa alat dan materi yang kau punya hal ini sanggup membantu ketika proses pembuatan diorama, apakah diorama sederhana atau detail, apakah berbentuk 2 Dimensi atau 3 Dimensi. Jika ingin menciptakan diorama bawah maritim pastikan materi yang kau miliki mendukung untuk membuatnya.

2. Buatlah Rancangan Dioramamu. Buatlah daftar ilham diorama yang akan kau buat, bagaimana latar belakangnya, apakah bahannya harus di cetak atau harus membelinya. Buatlah daftar alat dan materi yang di butuhkan untuk mewujudkan dioramamu. Dengan memikirkan ilham dan merangkum alat dan bahannya akan membantu mewujudkan diorama yang baik.

3. Pilihlah Bingkai. Diorama yang akan kau buat nanti membutuhkan sebuah media, baik berupa bingkai atau daerah untuk pengaplikasianya. Bingkai untuk diorama sanggup kau buat dari kotak bekas sepatu atau kotak bekas lainya. Jika memungkinkan akan lebih manis lagi bila menciptakan media atau bingkainya dari kayu dan di sesuaikan dengan besar diorama yang akan kau buat.

4. Buatlah Latar Belakang Dioramamu. Untuk diorama pegunungan sanggup kau bayangkan apa saja yang di butuhkan, misalkan latar belakang pegunungan dengan awan dan matahari. Latar belakang ini sanggup kau print dengan mengambil gambar dari Internet atau sanggup juga kau gambar pada bingkainya. Begitu juga bila kau ingin menciptakan diorama bawah maritim kau sanggup bayangkan mirip apa latar belakang bawah maritim yang akan kau tampilkan.

5. Buatlah Dasar Diorama. Setelah latar belakang selesai di buat langkah selanjutnya menciptakan dasar atau dataran semoga dioramanya lebih berkesan hidup. Untuk diorama bawah maritim kau sanggup menciptakan dataran dari pasir atau membutnya dengan bubur kertas namun harus di hias semoga mendekati bentuk aslinya.

6. Tambahkan Figure. Jika anda mempunyai figure suplemen mirip orang, hewan, ikan, kendaraan beroda empat mobilan kecil dan lain sebagainya yang berbentuk 3 dimensi dioramamu alhasil akan semakin baik. Kamu juga sanggup menambahkan batu-batu kecil, tanaman, rumput dan lainnya yang sanggup kau dapatkan dari halaman sekitar rumah.

7. Selesaikan Dioramamu. Periksa kembali diorama yang sudah di buat apakah sudah sesuai atau masih ada beberapa hal yang masih kurang. Sebagai tambahan untuk awan semoga lebih sesuai aslinya kau sanggup memakai kapas dan menempelnya, untuk matahari sanggup kau gunakan bola dan beberapa hal lainya sesuai dengan ilham kreatif kamu.

Setelah klarifikasi di atas tampaknya kau sudah siap untuk menciptakan sebuah diorama sederhana untuk kiprah sekolah ataupun hanya sekedar mencobanya untuk mengisi waktu luang. Di bawah ini akan di tampilkan beberapa contoh model diorama yang sanggup kau jadikan referensi.

Alat dan Bahan yang biasa di gunakan untuk menciptakan diorama :


  • Gunting/Cutter
  • Penggaris
  • Pensil/Pulpen
  • Lem
  • Kardus
  • Styrofoam
  • Miniature(Orang, Pohon, Kendaraan dan lain-lain)

40 Cara Membuat Diorama Sederhana

Diorama Bawah Laut

Diorama ini menampilkan bagaimana kondisi di bawah laut. Seperti yang kita ketahui di bawah maritim terdapat aneka macam jenis ikan dan terumbu karang. Tidak jarang diorama ini di pakai para belum dewasa untuk kiprah sekolahnya, Karena dengan membuatnya anak banyak mengenal jenis ikan dari Hiu hingga Paus lalu ada juga yang menambahkan gurita. dan sanggup membayangkan keadaan di bawah maritim dengan menciptakan dioramanya. Di bawah ini beberapa contoh diorama bawah maritim yang mungkin sanggup menjadi referensi.








Diorama Pantai

Dari bawah maritim kini kita coba menciptakan diorama tepi pantai, dalam proses pembuatanya Kita akan membayangkan bagaimana suasana tepi pantai dengan bermacam-macam acara dan apa saja yang biasa di lakukan di tepi pantai. Di bawah ini beberapa contoh diorama tepi pantai yang mungkin sanggup menjadi referensi.





Diorama Parkiran Mobil

Kali ini kita akan coba menciptakan diorama parkiran mobil, tujuan menciptakan diorama ini sanggup membantu kreatifitas anak dalam hobinya bermain mobil-mobilan, atau sanggup juga orang remaja yang membuatnya untuk mendukung hobi dalam dunia diecast. Cukup banyak referensi untuk diorama ini khususnya diorama diecast atau mobil-mobilan, di bawah ini kita tampilkan beberapa misalnya mulai dari yang sederhana hingga yang lebih detail.











Diorama Pemadam Kebakaran

Buat kau yang suka dengan kendaraan beroda empat pemadam kebakaran tampaknya refernsi ini sanggup di jadikan contoh bila kau mau menciptakan dioramanya.



Diorama Terminal Bus dan Truck

Diorama ini cocok untuk para bismania ataupun penggemar truck, diecast yang di gunakan pada diorama dibawah ini tampaknya memakai brand Tomytec, brand ini di kenal sebab cukup detail dan ibarat bentuk aslinya. Merk Tomytec ini juga mengeluarkan diorama model bangunanya, namun kau juga sanggup menirunya dengan menciptakan dari materi lain.





Diorama Kereta Api

Setelah diorama untuk penggemar bus dan truck, contoh kali ini untuk penggemar kereta api. Diorama kereta api cukup detail dan miniaturenya pun cukup mahal, namun bila untuk belum dewasa sanggup memakai kereta api dari materi yang lebih murah.





Diorama Peternakan

Contoh diorama terakhir yang kami tampilkan yaitu diorama susana peternakan lengkap dengan binatang ternak dan bangunanya. Diorama ini sanggup belum dewasa buat untuk kiprah sekolah sebab cukup membeli miniatur binatang dan menciptakan bangunanya saja, Bahan yang di gunakan cukup sederhana mulai dari stick es krim hingga kardus bekas.






Sebetulnya aneka macam model diorama yang sanggup di buat dan cukup banyak referensi di internet yang sanggup di jadikan acuan. Namun sebab keterbatasan waktu maka kami hanya menampilkan beberapa saja. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan sanggup menjadi referensi untuk pembaca.

0 Response to "40 Cara Menciptakan Diorama Sederhana"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.